Minggu, 31 Oktober 2010

TUGAS 4 Makalah Software

MAKALAH SOFTWARE KOMPUTER

Di tulis oleh :
NAMA : RANDY NOVANDA FERNANDO

NO. BP : 1001083033
KELAS : 1 TK M2


POLITEKNIK NEGERI PADANG
 
A.PENDAHULUAN
1. PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

2. JENIS – JENIS PERANGKAT LUNAK DAN FUNGSINYA

1. Sistem Operasi

2. Perangkat Lunak Bahasa

3. Program Aplikasi

1.sistem operasi
Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar Seperti :
· Mengatur Media Input
· Proses
· Output
· Mengatur Memory
· Penjadwalan Proses

  2.perangkat lunak bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer
Macam macam perangkat lunak bahasa:
· Bahasa Tingkat Rendah
· Bahasa Tingkat Menengah
· Bahasa Tingkat Tinggi

  3.program aplikasi(Aplication Program)
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.
1. Word Processing (Pengolah Kata)
2. Program Database
3. Program Spreadsheet
4. Program CAD (Computer Aided Design)
5. Program Layout Artikel (Publisher)

1. Word Processing
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (Text Based)
· Wordstar Profesional
· Word Perfect
· Chiwriter
· Microsoft Word
· Word Star
 
2. Program Database
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE
· Ms.Acces
· SQL Server
· MySql
· Oracle

3. Program SpreadSheet
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
· Lotus 123
· Ms.Excel
· Quatro
· Supercheck

4. Program CAD (Computer Aided Design)
Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis
(Alat lukis)
· Auto Cad
· Pro Design
· Corel Draw
· Adobe Photoshop

5. Program Layout Artikel
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik
· Page Maker
· Ventura
· Harvard Publisher
· Newmaster

 3. FUNSI PERANGKAT LUNAK (Software)
Merupakan program yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.


4. PRANGKAT LUNAK BERBAYAR DAN BEBAS

  PERANGKAT LUNAK BEBAS

Perangkat lunak bebas (free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.
 
  Contoh perangkat lunak bebas
  Beberapa perangkat lunak bebas yang dikenal secara internasional:

  * Sistem operasi: GNU/Linux, BSD, Darwin, dan OpenSolaris
  * Kompilator GCC, GDB debugger dan C libraries
  * Server: BIND name server, Sendmail mail transport, Apache HTTP Server, dan Samba file server
  * RDBMS: MySQL dan PostgreSQL
  * Bahasa pemrograman: Perl, PHP, Python, Ruby dan Tcl
  * GUI: X Window System, GNOME, KDE, dan Xfce
  * Paket perkantoran OpenOffice.org, Mozilla dan penjelajah web Firefox serta penyunting grafis GIMP
  * Sistem dokumen TeX dan LaTeX
  * Alat bantu UNIX untuk otomatisasi skrip dan pengujian: Expect
  * Alat bantu UNIX untuk layanan pemantauan jaringan: Nagios


  Definisi
Untuk membantu membedakan antara perangkat lunak bebas dan perangkat lunak gratis, Richard Stallman, pendiri gerakan perangkat lunak bebas, menjelaskan: "Perangkat lunak bebas adalah perihal kebebasan, bukan harga. Untuk mengerti konsepnya, Anda harus memikirkan 'bebas' seperti dalam "kebebasan berpendapat", bukan 'bebas' dalam "bir gratis".
Menurut Richard Stallman dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas, suatu perangkat lunak dikatakan perangkat lunak bebas jika pengguna yang menerima salinan perangkat lunak tersebut memiliki empat kebebasan yaitu:

  * Kebebasan 0: Bebas untuk menjalankan perangkat lunak untuk tujuan apapun.
  * Kebebasan 1: Bebas untuk mempelajari dan mengubah perangkat lunak.
  * Kebebasan 2: Bebas untuk menyalin perangkat lunak, sehingga Anda dapat membantu tetangga Anda.
  * Kebebasan 3: Bebas untuk memajukan perangkat lunak, dan merilisnya ke publik, sehingga komunitas dapat menikmati keuntungan tersebut.

Kebebasan 1 dan 3 membutuhkan akses atas kode sumber, karena tidak mungkin untuk mempelajari dan mengubah perangkat lunak tanpa kode sumbernya.
 
  PRANGKAT LUNAK BERBAYAR
Perangkat lunak tak bebas (bahasa Inggris: proprietary software) – kadang disebut perangkat lunak berbayar, perangkat lunak sumber tertutup, perangkat lunak proprieter atau perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh proprietor atau pemegang hak. Pembatasan-pembatasan ini dapat dilakukan secara teknis maupun hukum, atau pun keduanya. Cara teknis dilakukan misalnya dengan memberikan berkas biner terbaca-mesin kepada pengguna dan menyimpan kode sumber terbaca-manusia. Cara hukum dapat melalui lisensi perangkat lunak, hak cipta, dan hukum paten. Hak eksklusif secara hukum atas perangkat lunak tak dibutuhkan oleh seorang proprietor suatu perangkat lunak untuk menjadi perangkat lunak tersebut tak bebas, karena perangkat lunak domain publik dan perangkat lunak di bawah suatu lisensi permisif dapat menjadi perangkat lunak tak bebas dengan mendistribusikan versi kompilasi program tanpa menyediakan kode sumbernya.
Pembatasan perangkat lunak tak bebas membuatnya menjadi antonim dari perangkat lunak bebas. Oleh perangkat lunak bebas, hukum yang sama yang digunakan oleh perangkat lunak tak bebas digunakan untuk mempertahankan kebebasan untuk menggunakan, menyalin, dan memodifikasi perangkat lunak. [1] Perangkat lunak tak bebas mencakup freeware dan shareware. Perangkat lunak ini dapat berupa perangkat lunak komersial, meskipun perangkat lunak domain publik dan perangkat lunak bebas lainnya juga dapat dijual untuk suatu harga tertentu dan digunakan untuk tujuan komersial.


B.PEMBAHASAN
1. NAMA SOFTWARE

Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

 

2. PERUSAHAAN PEMBUAT
Nampaknya, perusahaan software terbesar di dunia, Microsoft belum ingin turut larut dalam hingar-bingar kemunculan iPad.
Petinggi Microsoft mengatakan bahwa mereka tak membuat program Microsoft Office untuk versi iPad.
“Kami tak pernah bilang untuk tak akan. Tapi saat ini kami belum punya rencana untuk mengembangkan software Office untuk Apple iPad,” ujar Stephenson Elop, President of Microsoft Business Division kepada BusinessWeek.
Namun, bukan hal yang tak mungkin bagi Microsoft untuk mengubah pendiriannya. Pasalnya, berdasarkan sebuah survei, ternyata mayoritas orang ingin membeli iPad untuk untuk mengerjakan tugas kantor atau bisnis mereka.
Microsoft sendiri mengaku belum menyediakan software MS Office untuk iPad karena masih terlalu dini. “Office untuk iPad masih belum memiliki pangsa pasar saat ini,” kata Kristen Woody, Juru bicara unit Microsoft, yang sebelumnya pernah membuat versi Office untuk Apple Macintosh.
Pasalnya perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington itu tahun lalu juga berencana untuk membuatkan versi Office yang bisa berjalan to work on smartphone Nokia karena jutaan pengguna Office telah memiliki ponsel Nokia.
Dalam waktu dekat, Microsoft juga bakal meluncurkan MS Office 2010 untuk kalangan bisnis, yakni pada 12 Mei mendatang. Sementara versi konsumer akan dirilis pada akhir Juni tahun ini.
Pada kesempatan itu pula, Microsoft rencananya bakal memperkenalkan MS Word dan MS Excel berbasis web, yang bisa diakses secara gratis.
Nampaknya, Office 2010 bakal mendapat sambutan hangat dari konsumen perusahaan, mengingat versi beta dari Office 2010 telah diunduh tak kurang dari enam juta kali. Angka itu dua kali lebih tinggi dari unduhan versi beta Office 2007.
Mungkin hal ini pula yang membuat Microsoft sangat yakin dan tak terlalu mempermasalhakn ancaman Google yang telah lebih dulu menawarkan aplikasi produktivitas kerja berbasis web, yakni Google Docs.
“Kami belum mendengar apa-apa tentang rencana Google menantang MS Office, karena mereka memang tidak,” kata Elop. Menurut Elop, Google sama sekali belum menyediakan jalan untuk bersaing dengan Microsoft di pasar software bisnis.

3. JENIS PENGGUNAANNYA(Sistem Operasi/ Bahasa Pemrograman/ Aplikasi )

Sistem Operasi
Microsoft Word XP (lebih tepatnya Microsoft Office XP Professional) dapat dijalankan dengan Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP maupun dengan Windows Vista. Jadi Microsoft Office XP tidak hanya dapat digunakan dengan sistem operasi Microsoft Windows XP saja, tetapi juga dengan sistem operasi lain.

Microsoft Word XP (baca: Microsoft Word Ekspi) adalah sebuah software untuk pengolah kata (word processor), lebih tepatnya sebuah software untuk membuat surat, buku, brosur dan lain-lain. Dan dapat menangani gambar untuk keperluan naskah Anda. Agar Anda dapat menggunakan Microsoft Word XP, maka software yang perlu Anda beli adalah Microsoft Office XP Professional. Microsoft Office XP Professional adalah sebuah software terpadu yang terdiri dari: Microsoft Word XP, Microsoft Excel XP, Microsoft FrontPage XP, Microsoft Access XP, Microsoft Outlook XP dan Microsoft PowerPoint XP. Dengan meng-install Microsoft Office XP Professional, maka Anda akan mendapatkan semua program di atas.

bahsa pemograman
Software ini digunakan untuk membuat laporan dan aplikasi ini biasa disebut dengan mesin ketik digital. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa inggris, Bahasa indonesia dan Bahasa bahsa yang di gunakan secara internasional.bahasa yang digunakan saat ini adalah Bahasa yang lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia.

Aplikasi
Microsoft word ini dapat dii gunakan dengan mudah dan simple karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup mudah di pahami dan di mengerti.


4. LISENSI ( BEBAS ATAU BERBAYAR)

Lisensi bebas
Baik Yayasan Perangkat Lunak Bebas maupun Inisiatif Sumber Terbuka mempublikasikan daftar lisensi yang cocok dengan definisi perangkat lunak bebas dan perangkat lunak sumber terbuka. (Lihat: Daftar lisensi perangkat lunak yang disetujui FSF dan Daftar lisensi perangkat lunak yang disetujui OSI).

Beberapa lisensi perangkat lunak bebas yang umumnya dipakai adalah:

  * GNU General Public License
  * GNU Lesser General Public License
  * BSD License
  * Mozilla Public License
  * MIT License
  * Apache License


Lisensi berbayar

  1. OEM : Original Equipment Manufactur . Pada dasarnya licensed ini menyatu pada hardware . Jadi si software ini di segel pada hardware komputer. OEM juga biasanya dikeluarkan oleh fendor2x hardware seperti : HP, DELL, IBM, dlsbnya. Selain itu, OEM ini bisa dibeli secara langsung ke toko komputer.
  2. Open Licensed : Pada dasarnya open licensed adalah sebuah perjanjian perusahaan dengan microsoft, dan syarat minimal pembelian open licensed adalah minimal 5 produk
  3. Full Product : Pada jenis licensed ini, kita akan mendapatkan buku petunjuk, cd, dan juga sertifikat. Dan licensed ini tidak bergantung pada hardware, tetapi sertifikat yang kita miliki. 1 sertifikat untuk 1 komputer.



5. KEMAMPUAN

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
7 kemampuan Microsoft word:
1. Mudah dalam pengoperasian.
2. Manajemen file yang mudah dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik.
3. Kualitas baik dan bagus dalam pencetakan.
4. WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang Anda lihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.
5. Dapar melakukan pengiriman e-mail dan faks langsung jika terhubung Internet.
6. Mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik.
7. Kemampuan menyimpan file dalam bentuk web.


6. CONTOH PENGGUNAAN



C. KESIMPULAN

Microsoft word dapat memudahkan kita untuk mengetik suatu makalah,surat,dan lain lainya.
Microsoft ini juga sangat mudah untuk di operasikan mulai dari microsoft word 2003, microsoft word 2007,begitu juga dengan microsoft office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar